Header Ads

Infraworks, Pemodelan kota dalam 3D





Infraworks adalah software untuk mendesign atau mensimulasikan pekerjaan infrastruktur berupa jalan tol, kawasan pelabuhan, bendungan, bandara, hingga lingkup perumahan yang biasa dikerjakan oleh developer. Software ini merupakan salah satu program dari Architecture, Engineering, Construction (AEC) Collection buatan Autodesk. Autodesk memberikan keuntungan kepada user berupa perangkat lunak yang cerdas dan layanan cloud yang sangat canggih.

Proyek-proyek infrastruktur kedepan akan beralih menggunakan software ini. Arsitek dan perencana perumahan atau developer akan sangat terbantu, sebab menambah kecepatan transaksi dan membuat keputusan.  Dalam pembuatan, evaluasi dan komunikasi proyek bangunan akan menjadi semakin mudah.
Infraworks memiliki keunggulan dalam hal-hal berikut:

1. Contour
Contour yang kita dapatkan dari DEM bisa kita inputkan secara mudah di Infraworks.

2. Foto Satellite atau Drone
Foto Udara berekstensi *.ecw, *.tiff, dan format foto lainnya dapat menempel pada kontur yang telah kita inputkan. Dengan demikian kita dapat mendapatkan informasi lengkap mengenai kondisi real di muka bumi yang sedang kita tinjau.

3. Membuat Jalan
Membuat jalan dapat kita lakukan dengan mudah di software ini karena disediakan berbagai macam template yang lengkap. Keunggulan lainnya adalah setiap objek yang kita buat memiliki parameter yang bisa kita ubah-ubah dan akan terintegrasi dengan modelnya. Sebagai contoh adalah lebar jalan, marka jalan, barrier, lampu, sidewalk, dan property lainnya.

4. Membuat Jembatan
Setelah jalan kita buat langkah selanjutnya adalah kita membuat Jembatan. Jembatan tersebut dapat kita buat secara otomatis, hanya dengan kita tentukan start dan end nya saja.

5. Membuat Terowongan
Terowongan berbagai macam model dapat kita inputkan secara otomatis pada rencana jalan yang sudah kita buat.

6. Analisa Drainase
Kita dapat mengecek daerah aliran sungai dan daerah mana saja yang perlu dibangun box drainase.

7. Rendering dan Video Animasi
Dalam Infraworks terdapat fitur storyboard yang dapat kita gunakan untuk mengatur alur video yang kita inginkan. Seperti halnya mengedit video menggunakan Adobe After Effects.



Secara Fungsi Infraworks ini sangat mendukung BIM (Building Information Modeling). Model rumah yang sudah kita desain di Revit bisa kita integrasikan ke dalam infraworks dengan mudah. Dalam video di bawah ini adalah sebuah overview mengenai program Infraworks. Selamat Menonton!

OVERVIEW :








No comments

Powered by Blogger.