Header Ads

Metode Perencanaan Bangunan



Perencanaan proyek adalah proses awal pendesainan sebuah proyek dan dalam suatu rencana perlu adanya cara atau langkah-langkah yang yang perlu diambil agar mendapatkan hasil yang aman, efisien, efektif dan ekonomis.


1. Data Mekanika Tanah
Pada mekanika tanah data yang didapat berupa kepadatan tanah, jenis tanah, letak dan kedalaman tanah keras, dan kadar air tanah. Berdasarkan data-data yang didapat ditentukan dan direncanakan jenis, letak dan dimensi podasi konstruksi yang akan dibangun.





2. Data Topografi

Data yang didapat berupa kontur tanah atau elevasi muka tanah dan sudut kemiringan tanah pada lokasi proyek. Berdasarkan data yang didapatkan bisa digabungkan dengan mekanika tanah, sehingga dapat ditentukan letak konstruksi untuk pondasi, alat konstruksi, serta metode pelaksanaan yang digunakan.




Setelah memperoleh semua data yang diperlukan dalam survei awal, tahap-tahapan dilakukan selanjutnya antara lain :



a. Desain arsitektural,

Desain arsitektual ini didesain berdasarkan data dari tata guna lahan di lingkungan sekitar proyek yang akan dibangun.




b. Analisis dan perencanaan struktur,
Pada perhitungan desain arsitektural direncanakan pada tahap ini, yang meliputi semua elemen struktur seperti, struktur beton bertulang, atap dan pondasi.



c. Gambar struktur,

Pada proses gambar struktur meliputi denah balok, denah kolom, denah lantai, kerangka atap, detail sambungan, detail penulangan plat lantai serta detail-detailnya.






d. Pembuatan Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS),

Pada Uraian kerja dan syarat-syarat ini meliputi semua aspek yaitu, material, peralatan, tenaga kerja, mutu, elektrikal, mekanikal, dan tata cara pelaksanaan proyek pembangunan berdasarkan ketentuan-ketenuan peraturan.






e. Perhitungan RAB,
Dalam perhitungan RAB merupakan estimasi banyaknya kebutuhan biaya yang diperlukan dalam sebuah proyek meliputi, bahan bangunan, upah, dan biaya lainya yang berhubungan dengan proyek tersebut.


f. Pembuatan Time Schedule
Pada pembuatan time schedule bertujuan untuk memprediksi estimasi waktu untuk penyelesaiaan pembangunan berdasarkan tahap-tahapan yang akan dilakukan sehingga bisa memperkirakan waktu selesainya pembangunan dan perencanaan time schedule yang baik akan menghasilkan kurva S. 


Adapun alur flowchart pelaksanaan sebagai berikut :


  

tags: kontraktor , konsultan struktur , bangunan gedung , ahli struktur , struktur bangunan , proyek gedung , perencanaan gedung , metode perencanaan , mekanika tanah , topografi , arsitek , teknik sipil , mekanikal , elektrikal , plumbing


No comments

Powered by Blogger.